Regong – Siswa-Siswi SMP PALUGODAM Desa Sandosi Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur Wawancara Ibu-Ibu PKK Terkait Pembuatan Minyak Kelapa Murni di Desa Baobage Pada 13 September 2024.

 

38 Peserta Didik yang didampingi oleh 5 Guru Melaksanakan Interview dalam rangka Pembelajaran  P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dengan Tema Kewirausahaan Pembuatan Minyak Kelapa Murni.

guru dan siswa siswi dan ibu ibu pkk

Bahan yang digunakan untuk mengoelola minyak kelapa murni yaitu kelapa dan air. Sedangkan Alat yang digunakan dalam mengelola minyak kelapa antara lain parang untuk memotong kelapa, mesin giling atau alat parut untuk memarut kelapa, wadah seperti baskom, dan wajan atau kuali untuk memasak perasan air atau santan kelapa.

kelapa dengan air” jawab Ibu Barek Kopon ketika ditanya Seorang Siswi “ apa saja bahan yang digunakan untuk mengelola minyak kelapa murni ?”

 Disisi lain jawab Ibu Tumini “pertama kita membutuhkan parang untuk membelah kelapa bersihkan kelapa lalu kalo kita ada mesin giling pake mesin kalo ngak ada kita parut membutuhkan alat parut lalu baskom tempat wadahnya” saat ditanya siswi lain “apa saja alat yang disiapkan dan digunakan dalam proses mengola minyak murni”.

siswa siswi palugodam

Proses mengelola kelapa menjadi minyak murni. Awalnya Kelapa yang isi atau dagingnya baik (Tua dan kering) kemudian dipotong dan dikupas lalu dagingnya diambil sedangkan air kelapanya dibuang. isi daging itu dibersihkan dan diparut, hasil parutan daging kelapa atau namanya kelapa parut direndam dengan air secukupnya dalam wadah atau baskom selama satu malam. Keesokan harinya rendaman kelapa parut itu disaring dan diperas untuk memilah ampas dan airnya. setelah itu air perasan atau santan kelapa dimasak memakai wajan diatas tungku kayu bakar dengan cara diaduk selama satu jam. Hasilnya santan kelapa yang dimasak pada pengapian yang stabil mengasilkan minyak kelapa murni berkualitas.

“kelapa dikupas dibuang airnya lalu dibersihkan dulu baru diparut selanjutnya diramas santannya simpan dulu besok baru dimasak” tutur Ibu Barek Sabon.

ibu pkk

Ampas kelapa dapat dikonsumsi dengan sayur atau dapat digunakan sebagai pakan bagi ternak babi dan ayam. “ampas kelapa bisa digunakan untuk goreng sayur dan kasi makan babi” lanjut ibu barek sabon saat diwawancarai.

sedangkan minyak kelapa murni antara lain dapat untuk dikonsumsi sebagai minyak goreng, sebagai obat minum penyakit luka dalam dan minyak urut juga sebagai minyak rambut untuk menyuburkan rambut dan menebalkan rambut.

Untuk mendapatkan satu botol minyak kelapa murni diperlukan Tiga buah kelapa yang sudah kering atau tua. Ini di jelaskan oleh ketua PKK desa baobage. “ satu botol ne na bisa membutuhkan tiga biji buah kelapa ” tutur Ibu Sofia Boleng saat di wawancara oleh seorang siswi.

Satu botol minyak kelapa murni diberi harga Rp 20.000  “ satu botol Rp 20.000 “ lanjut Ibu Sofia.

PKK masih kekuranggan tenaga pada saat jumlah kelapa yang banyak. Untuk memarut dan memeras dibutuhkan tenaga anggota yang cukup. Disitulah kesulitan yang dihadapi saat mengelolah minyak kelapa murni.

Tanya Siswi “ apakah ada kesulitan saat mengolah kelapa menjadi minyak murni ?”, “ kesulitan nae ne waktu pemerasan kalau kelapa banyak membutuhkan banyak anggota” jawab Ibu Sofia.